JAKARTA – Sudah menyalip pelanggan Mercedes Benz dalam lingkungan ekonomi mobil mewah di tempat Indonesia, BMW Indonesia ternyata justru tidak ada berhenti berinovasi. Yakni, meyakinkan konsumen mendapatkan pengalaman premium pada hal purnajual.
Terbaru, BMW Indonesia berkolaborasi dengan BMW Ultima meresmikan Body & Paint Training Center pertama pada Asia Tenggara. Mereka juga memperluas jaringan Body & Paint resmi di area 2025, juga merilis layanan BMW Remote Diagnosis (RITA).
Peter “Sunny” Medalla, President Director BMW Group Indonesia, mengatakan, BMW Group Indonesia juga akan memperluas jaringan Body and Paint Center di dalam seluruh Indonesia. Dimulai dari BMW Ultima sebagai pusat perbaikan Body and Paint pertama kemudian terbesar di dalam Indonesia, saat ini BMW hadir lebih lanjut dekat dengan pelanggan di tempat Ibukota Indonesia Timur (Pulo Gadung), Surabaya, dan juga Medan.
“Ini bukanlah sekadar bengkel—melainkan tempat pada mana kami menghidupkan kembali kendaraan BMW serta MINI dengan ketelitian kemudian perhatian yang mirip seperti pada waktu pertama kali dirakit,” kata Peter.
BMW Ultima: Pionir Layanan Purna Jual Premium
.jpg)
BMW Ultima diresmikan pada Maret 2022 sebagai prasarana perbaikan lalu pengecatan BMW dan juga MINI dengan standar tertinggi di tempat Indonesia. BMW Ultima menggunakan teknisi tersertifikasi, peralatan diagnostik terbaru, serta suku cadang asli BMW lalu MINI, dengan akreditasi segera dari BMW AG, Munich.
Pada 2023, BMW Ultima memperluas layanannya sebagai BMW Classic Partner—yang pertama dalam Asia kemudian salah satu dari hanya sekali 118 di dalam dunia. Status ini menegaskan komitmen BMW Ultima pada memberikan layanan restorasi kemudian servis premium untuk kendaraan klasik BMW, dengan penyelenggaraan BMW Original Parts.
BMW Ultima meluncurkan kegiatan BMW Assurance pada Juni 2024, bekerja mirip dengan mitra asuransi untuk memberi perbaikan juga pengecatan berkualitas tinggi bagi pelanggan BMW dan juga MINI.
Selain BMW lalu MINI, BMW Ultima juga melayani merek kendaraan premium lainnya. Lokasinya ada di tempat Jl. Ciater Raya No.28A, Serpong, Tangerang Selatan, BMW Ultima dapat menangani hingga 20 kendaraan sekaligus.
BMW Group Training Center

Seiring dengan perluasan jaringan Body and Paint Center, BMW Group Indonesia juga menyiapkan tenaga kerja spesialis untuk mempertahankan standar tinggi BMW. Untuk itu, BMW Group Training Center pertama di dalam Asia Tenggara diresmikan, hasil kolaborasi dengan BMW Ultima.
“Pusat pelatihan ini menegaskan komitmen kami untuk mengembangkan sumber daya lokal juga menjamin bahwa setiap teknisi yang dimaksud menangani kendaraan BMW atau MINI sudah pernah menerima pelatihan berstandar internasional,” jelas Peter.
Rudy Kusmanto, Managing Director BMW Ultima, menambahkan bhawa BMW Ultima menjadi satu-satunya Approved Body & Paint Center dalam Indonesia. “BMW Group Training Center juga pertama pada Asia Tenggara serta berlokasi dalam Indonesia,” ungkapnya.
“Pusat pelatihan ini berfokus pada pembelajaran dengan segera (hands-on), menggunakan peralatan lalu perlengkapan yang tersebut sejenis seperti yang digunakan di area pusat layanan resmi BMW,” kata Rudy.
BMW Remote Diagnosis Service (RITA): Teknisi BMW pada Ujung Jari
Mahalingam Maganderalingam, Director of Customer Support BMW Group Indonesia, menjelaskan acara Ramadan BMW juga terobosan baru di area bidang purna jual, yaitu BMW Remote Diagnosis Service (RITA).
RITA adalah layanan yang memungkinkan teknisi BMW terhubung secara langsung ke kendaraan Anda dari jarak berjauhan untuk mengakses data diagnostik secara instan.
“Ketika lampu peringatan tegas menyala atau terdengar pendapat yang digunakan tidaklah biasa, RITA memungkinkan teknisi kami untuk terhubung dengan segera ke kendaraan Anda dari jarak terpencil lalu mengakses data diagnostik secara instan—tanpa perlu kunjungan awal ke bengkel,” jelas Mahalingam.
Baca Juga: Joy of Ramadan Gathering with BMW: Relax, We Care
Kemampuan RITA:
– Membaca instruksi Check Control serta melakukan pemesanan suku cadang jikalau diperlukan.
– Menemukan pemicu kesulitan pada kendaraan tanpa harus dibawa ke bengkel.
– Melakukan pembaruan perangkat lunak tertentu dari jarak jauh.
– Memberikan panduan segera apakah kendaraan aman untuk terus dikendarai.
– Menjadwalkan janji servis berdasarkan data aktualkendaraan.