NEW YORK – Toyota sudah pernah mengungkapkan unit pengembangan untuk versi terbaru dari hot-hatch GR Corolla selama Kejuaraan Formula Drift di area Long Beach, California, Negeri Paman Sam akhir pekan lalu.
Menurut Toyota, unit yang mana masih dibalut stiker kamuflase itu mengisyaratkan bahwa model GR Corolla lain yang digunakan diproduksi khusus untuk jalur balap akan segera muncul.
Meskipun belum ada rincian teknis yang disampaikan oleh Toyota, berbagai perbaikan dapat dilihat pada eksterior model tersebut, yang tersebut diharapkan tambahan liar daripada GR Corolla biasa.
Di antara detail yang tersebut kentara adalah penambahan ventilasi udara di tempat bagian melawan spatbor depan, ventilasi udara dalam tutup bagasi depan, dan juga juga spoiler belakang yang mana jarak jauh lebih banyak besar.
Mobil ini pada dasarnya masih berbasis pada GR Corolla facelift yang mana diperkenalkan tahun lalu, dengan bemper depan baru serta saluran masuk udara yang mana lebih banyak besar.
Detail berbeda lainnya juga terlihat pada unit pengembangan ini termasuk set velg yang mana senada dengan model edisi terbatas Morizo Edition sebelumnya, yakni velg forged alloy berukuran 18 inci yang mana lebih besar ringan dari BBS juga dibalut ban rute Michelin Pilot Sport Cup 2.
Toyota menyatakan bahwa rincian lebih lanjut lanjut akan terungkap pada musim gugur, sementara mobil yang disebutkan pada waktu ini sedang pada proses penyempurnaan sebelum uji coba terakhir dijalankan oleh ketua Toyota Akio Toyoda sendiri, atau dikenal sebagai ‘alter ego’ Morizo ketika balapan serta bertugas sebagai ‘pengemudi utama’ dari sayap balap Gazoo Racing.
Dengan petunjuk yang diberikan ini, ada kemungkinan bahwa ini adalah GR Corolla Morizo Edition lain yang diproduksi untuk versi facelift terbaru.
Pada model sebelumnya, GR Corolla Morizo Edition tampil lebih tinggi ringan 30 kg dengan pemakaian atap karbon tempa kemudian jok belakang dilepas sepenuhnya.
GR Corolla Morizo sebelumnya juga mengusung rasio gigi yang digunakan lebih besar pendek dengan rasio gigi akhir diubah dari 4.058 menjadi 4.250.
Mesin G16E-GTS tiga silinder 1,6 liter turbocharged juga sudah pernah disetel ulang untuk memunculkan torsi 30 Nm lebih banyak sejumlah menjadi 400 Nm, sementara tenaga tetap memperlihatkan pada 304 PS.
Meski demikian, hitungan tenaga yang dimaksud merupakan standar untuk GR Corolla facelift 2025. Jadi, mungkinkah GR Corolla Morizo Edition ini akan dibekali mesin yang mana lebih tinggi bertenaga?